Selamat Datang dan Selamat bergabung

Selamat datang di blog Baptist GOLDEN BOULEVARD BSD City.
Kami berharap kita dapat menggunakan blog ini sebagai sarana informasi dan komunikasi. Kami mempersilahkan anda setelah melihat semua informasi yang ada, anda dapat berkeputusan untuk hadir dan bergabung dalam persekutuan dan pelayanan kami di Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard, BSD City.
Biarlah segala kemuliaan dan hormat hanya tertuju kepada Tuhan Yesus Kristus, kepala Gereja kita!

Senin, Mei 07, 2018

Festival Paduan Suara Gereja

FESTIVAL PADUAN SUARA GEREJA

Dalam rangka HUT ke -5 
Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard, BSD City

1. Latar Belakang

     Keberadaan paduan suara di dalam gereja sangatlah berarti.  Dengan paduan suara yang baik dan terlatih, akan membantu jemaat mempersiapkan hati dalam penyembahan, menguatkan iman, mendengar Firman Tuhan, mendengar kabar baik.   Selain itu dengan adanya kelompok paduan suara di Gereja akan mempunyai efek sosial dikalangan para anggota paduan suara, adanya komunitas para anggota Paduan suara, komunitas antara para penunggu anggota Paduan suara yang sedang berlatih (anak/ orang tua anggota Paduan suara) sehingga kehadiran paduan suara ditengah-tengah Gereja  menjadi media yang baik untuk bersosialisasi, kesatuan hati, meningkatkan apresiasi  musik gereja bagi semua kalangan, menanamkan kecintaan musik Gereja sejak dini dan sarana kaderisasi secara tidak langsung.

     Namun tidak dapat dipungkiri bahwa penyelenggaraan paduan suara di gereja membutuhkan usaha, waktu dan biaya yang tidak sedikit sehingga  kelompok Paduan suara tidak akan terbentuk jika tidak ada minat dan dukungan yang tinggi terhadap keberadaan Paduan suara.  Memang paduan suara memerlukan kontribusi dari banyak anggota untuk saling bersinergi dalam suatu  teamn work, namun dengan terciptanya teamwork ini, secara alamiah Gereja akan mendapatkan manfaat & berkat yang luarbiasa besar dengan terciptanya suatu komunitas, kesatuhatian dalam pelayanan. Jika ada 30 orang yang mempunyai kesehatian dalam pelayanan tentu banyak hal yang akan bisa kita lakukan untuk pekerjaan Tuhan.  Alangkah indahnya jika unsur-unsur partisipasi,  kesatuan hati, balancing, harmonisasi/ keselarasan, keteraturan yang ada dalam kelompok paduan suara menjadi suatu model dalam kehidupan & organisasi Gereja.

     Melihat begitu besar manfaat paduan suara dalam sebuah gereja, maka dalam rangka HUT Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard ke-5 akan mengadakan Festival Paduan Suara Gereja antar Gereja Baptis di wilayah Banten dan Jakarta rayon Selatan.

2. Tema Acara

Tema Festival Paduan Suara:  “Sehati & Selaras Melayani Tuhan”
Ayat Tema:  “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!” Mazmur 133

3. Target
Menjadikan paduan suara gereja sebagai tradisi yang mendukung pelayanan musik dan pelayan gereja secara umum.

4. Jenis Kegiatan

4.1  Pertemuan Teknis  (Technical Meeting)

Minggu, 8 Juli 2018 pk. 13.00
Tempat:   Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard
Jl. Pahlawan Seribu, Kompleks Ruko Golden Boulevard Blok B. 8-9, BSD City
Tangerang Selatan 15320

4.2  Festival Paduan Suara

Festival Paduan Suara diadakan pada tanggal  27 Oktober 2018, pk 17:00
Tempat:  Aula Sekolah Kristen SoliDEO BSD City
Nusa Loka, Jl. Batam, J11 Kav 02, BSD Sektor 14.4 Selatan, Kel. Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

5. Ketentuan Festival

5.1. Peserta adalah anggota Gereja Baptis Indonesia wilayah Banten dan Jakarta Rayon Selatan dengan jumlah minimal 25 orang dan maksimal 30 orang ditambah 1 (satu) orang Conductor.

5.2. Setiap gereja hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) tim saja.

5.3. Panitia membatasi jumlah Tim Paduan Suara dalam festival ini, hanya 8 (delapan) pendaftar pertama saja yang akan berhak mengikuti festival paduan suara.

5.4. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kepada Panitia paling lambat 24 Juni 2018 

5.5. Peserta yang sudah mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran tidak diperkenankan untuk membatalkan keikutsertaannya dalam festival.

5.6. Semua lagu dinyanyikan dalam bentuk Accapella (tanpa iringan music instrument).

5.7. Setiap Tim Paduan Suara diwajibkan menyanyikan lagu wajib dan salah satu dari lima lagu pilihan yang sudah disediakan oleh panitia.

6. Tempat & Waktu Pendaftaran

Pengiriman Formulir Pendaftaran Festival Paduan Suara bisa dikirim ke 
Panitia melalui POS/ E-mail/ atau diserahkan langsung pada saat Technical Meeting.
Alamat surat-menyurat via POS:

Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard

Jl. Pahlawan Seribu,
Kompleks Ruko Golden Boulevard Blok B No. 8-9,  BSD City.
Tangerang Selatan 15320

Alamat surat-menyurat via e-mail:

ditujukan ke:


tembusan (c.c.)


7. Ketentuan Penilaian

Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Kriteria penilaian kompetisi Paduan suara meliputi :

7.2.1  Penilaian Teknik
1.A Intonasi, ritme, frasa, akurasi notasi, artikulasi, pernafasan, dll
1.B Materi suara (Choral Sound)

7.2.2 Penilaian Artistik
2.A Interpretasi partitur (penghayatan / pembawaan)
2.B Penampilan artistik secara keseluruhan

8. Lagu Festival

8.1. Lagu Wajib:
The Lord Bless You And Keep You (Lagu & Syair: John Rutter)

8.2. Lagu Pilihan:
As The Deer
Adoramus TE, Christie
I Will Call Upon The Lord
O Happy Day

9. Ketentuan Penampilan

9.1. Setiap tim diwajibkan membawakan lagu dengan urutan:
1.  Lagu Wajib
2.  Lagu Pilihan

9.2. Menjelang lagu wajib dan pilihan dinyanyikan, Panitia akan membunyikan nada dasar dengan menggunakan piano electric, nada yang akan dibunyikan adalah do-mi-sol sesuai nada dasar dari lagu yang dinyanyikan.

10. Penghargaan untuk Para Pemenang

° Juara 1 berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 2.500.000,-
° Juara 2 berhak mendapatkan hadian uang sebesar Rp. 1.250.000,-
° Juara 3 berhak mendapatkan hadian uang sebesar Rp. 600.000,-

11. Ketentuan Umum
Karena keterbatasan kapasitas ruangan, panitia penyelenggara festival membatasi jumlah supporter tiap Tim Paduan Suara adalah sebanyak 20 orang.

Tangerang Selatan, 6 Mei 2018


Yoyok Wiratmo
Ketua Umum Festival


Pdt. Johni Mardisantosa
Gembala Sidang



Tidak ada komentar:

Asas Kepercayaan Kami

Asas kepercayaan yang berikut merupakan dasar teologia kehidupan dan pelayanan Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard, BSD City:

1. Alkitab adalah Firman Allah yang telah diilhamkan kepada manusia dan menjadi satu-satunya pedoman iman, moral, dan rohani untuk seluruh warga Gereja.

2. Allah yang Mahakuasa, pencipta langit dan bumi adalah Esa dan Tritunggal, yaitu: Bapa, Anak, Roh Kudus.

3. Allah Anak, adalah Allah yang telah menjelma menjadi manusia seutuhnya, yaitu Yesus Kristus. Ia adalah satu-satunya Juru Selamat manusia. Dengan perantaraan-Nya manusia dapat langsung datang kepada Allah.

4. Allah Roh Kudus adalah Allah. Ia memanggil orang untuk percaya, mendiami, membaptiskan, memeteraikan, memberi karunia rohani, memenuhi, dan memperlengkapi setiap orang percaya untuk melanjutkan pelayanan Kristus melalui jemaat-Nya.

5. Manusia diciptakan dengan kemampuan untuk bersekutu dengan Allah tetapi telah mendurhakai Allah dan jatuh ke dalam dosa.

6. Keselamatan adalah karya Allah yang dilakukan-Nya untuk manusia. Keselamatan itu hanya diperoleh melalui pertobatan dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus, atas dasar anugerah Allah.

7. Gereja setempat adalah persekutuan orang-orang percaya yang telah dibaptiskan untuk mengemban Amanat Agung Tuhan Yesus. Gereja universal terdiri atas semua orang yang telah bertobat serta mengakui dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya. Gereja Baptis Indonesia Golden Boulevard, BSD City bersifat otonom dan berpemerintahan kongregasional, namun terikat dengan gereja-gereja Baptis Indonesia lainnya di Indonesia. Bentuk ikatan tersebut sebagai anggota dari keluarga besar Gabungan Gereja Baptis Indonesia.

8. Upacara Agung Gereja hanya ada dua macam, yaitu: Baptisan secara selam, dan Perjamuan Tuhan. Kedua upacara tersebut merupakan gambaran simbolis yang penuh dengan makna rohani.

9. Gereja dan Negara berkedudukan dan bertugas sendiri-sendiri, tetapi keduanya bekerja sama dengan selaras dan seimbang dalam membentuk manusia seutuhnya.

10. Pada hari akhir zaman Tuhan Yesus Kristus akan datang kembali.